HOME        LAYANAN LES PRIVAT        PENGAJAR        TESTIMONI        TENTANG KAMI        LOWONGAN PEKERJAAN

Strategi Guru dan Guru Les Privat Memotivasi Siswa

Strategi Guru dan Guru Les Privat Memotivasi Siswa
Dalam mendorong keberhasilan mewujudkan tujuan belajar, motivasi bagaikan bensin yang dapat menggerakan mesin mobil menuju tempat tujuannya. Elliot (2000) mengemukakan bahwa motivasi adalah keadaan internal yang menyebabkan kita bertindak, mendorong kita pada arah tertentu, dan menjaga kita tetap bersemangat pada aktivitas tertentu.Motivasi membantu siswa cepat memahami pelajaran secara lebih baik sehingga mampu meraih tujuan belajar.

Sebagian besar siswa membutuhkan  guru mereka menginspirasi, memberikan tantangan, dan menstimulasi mereka. Karakter dan tindakan guru pada saat belajar atau les privat mengajar dapat mentransformasi derajat motivasi siswa sehingga menjadi lebih tinggi atau sebaliknya.

Tidak ada satu rumus dan formula instan yang dapat digunakan untuk memotivasi siswa dalam belajar maupun les privat. Guru harus terdidik dan terlatih secara profesional dalam meningkatkan motivasi siswa. Secara ideal guru telah disiapkan dan terampil membangun cita-cita siswa.

Sebelumnya telah dibahas mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Dalam Belajar Termasuk Les Privat. Masing-masing siswa bisa dipengaruhi oleh faktor yang berbeda. Guru dan guru les privat dapat memotivasi tinggi melalui tips dan strategi berikut :

1. Menciptakan iklim belajar yang terbuka dan positif dengan menitikberatkan pada kebutuhan siswa saat ini, yaitu memenuhi apa yang menjadi motif awal ketertarikan mereka pada materi pelajaran. Metoda problem solving learning menitik beratkan pada kebutuhan siswa.

2. Membuat siswa aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Siswa belajar dengan melaksanakan tindakan (doing), membuat (making), menulis (writing), merancang (designing), menciptakan (creating), dan memecahkan persoalan (solving). Kepasifan akan mengurangi motivasi dan keingintahuan siswa. Dengan cara les privat siswa tidak akan malu-malu bertanya pada guru les privat dan memeiliki kesempatan untuk siswa aktif.

3. Mengajak siswa untuk menganalisis apa yang membuat kelas menjadi lebih atau kurang termotivasi. Hasil penelitian menyimpulkan setidaknya ada delapan karakteristik yang menjadi kontribusi utama pada motivasi siswa, yaitu :
  •     antusiasme guru    
  •     pengaturan pengajaran
  •     relevansi materi pelajaran
  •     keterlibatan aktif siswa
  •     kesesuaian tingkat kesulitan materi
  •     penggunaan contoh yang sesuai, kongkrit dan mudah dipahami
  •     keberagaman
  •     hubungan antara guru dan siswa
    Faktor-faktor ini yang selalu acuan guru Les Privat Nucleus Education Bandung perhatikan selalu.
4. Merancang tindakan pengajaran yang dapat memotivasi siswa
  •     Menargetkan harapan yang tinggi tetapi realistik pada siswa
  •     Membantu siswa merumuskan tujuan mereka
  •     Memberitahukan siswa apa yang perlu mereka lakukan agar lulus mata pelajaran yang ada ajar  dengan sukses
  •     Membantu siswa menemukan manfaat dan pentingnya materi yang sedang dipelajari
  •     Memperkuat motivasi diri siswa
  •     Menghindari suasana kompetesi yang berlebihan antar siswa. Lebih baik mengarahkan siswa ke kompetisi kerja tim
  •     Menunjukkan antusiasme Anda sebagai guru pada materi pelajaran

5. Merumuskan RPP yang dapat memotivasi siswa
  •     Bertolak dari poin kekuatan dan ketertarikan siswa
  •     Jika memungkinkan, memberikan pilihan pada siswa untuk menentukan bagian materi yang akan  dibahas lebih mendalam
  •     Meningkatkan level kesulitan belajar secara gradual sejalan dengan perkembangan semester
  •     Memvariasikan cara Anda mengajar (role playing, debates, brainstorming, discussion, demonstrations, case studies, audiovisual presentations, guest speakers, atau small group work)

6. Mengurangi penekanan ke nilai
  •     Memberikan penekanan pada pemahaman dan pembelajaran dibandingkan nilai
  •     Menghindari penggunaan nilai sebagai ancaman
  •     Merancang test yang mendorong siswa ke jenis pembelajaran yang Anda ingin dicapai oleh siswa. Jika ingin siswa belajar menghapal maka berikanlah soal hapalan. Namun, jika ingin siswa belajar menganalisis dan mengevaluasi, berikanlah soal yang mengarah ke sana.

7. Memotivasi siswa dengan menanggapi hasil kerja mereka
  •     Memberikan umpan balik segera pada siswa
  •     Memberikan penghargaan atas kesuksesan yang diraih
  •     Menginformasikan kesuksesan kerja yang diraih teman mereka
  •    Memberikan feedback negatif secara spesifik. Identifikasi kelemahan siswa terkait pada kinerjanya saat pengerjaan tugas, bukan pada siswa secara personal.
  •     Menghindari komentar yang merendahkan diri siswa sehingga membuat mereka merasa tidak cakap.
  •     Memberikan kesempatan bagi siswa untuk sukses dengan cara menugaskan hal yang tidak terlalu mudah maupun terlalu sulit.
  •     Menghindari memberikan jawaban langsung pada pekerjaan rumah siswa. Berikan kesempatan pada siswa untuk berjuang menemukan jawaban
  •     Membantu siswa merasa bahwa mereka adalah anggota yang berharga dalam komunitas belajarnya

8. Memotivasi siswa untuk membaca
  •     Menugaskan siswa membaca materi bacaan setidaknya dua sesi sebelum dilakukan diskusi
  •     Menugaskan siswa membuat pertanyaan dari bahan bacaan. sebagai reward, guru dapat mempertimbangkan pertanyaan siswa sebagai bahan ujian.
  •     Menugaskan siswa untuk menuliskan beberapa kalimat yang dapat meringkas hasil bacaannya
  •     Memberikan pertanyaan sederhana namun mendalam tentang bacaan tersebut. Sebagai contoh, Apakah kamu bisa memberikan satu atau dua poin dari bahan bacaan yang kamu anggap penting? atau Menurut kamu sub bab apa yang perlu kita review ulang dan diskusikan di kelas?
  •     Mengadakan sesi membaca bersama di kelas secara bergantian
  •     menyiapkan ujian untuk bahan yang tidak sempat didiskusikan

Uraian di atas mendeskripsikan secara singkat mengenai tips dan strategi memotivasi siswa. Tentunya rekan-rekan guru les privat di Les Privat NEC Bandung yang berkantor pusat di Bandung memiliki pengalaman dan permasalahan yang lebih nyata di lapangan.Sehingga lebih berpengalaman & berkompeten untuk memotivasi siswa.

Sumber referensi :
Bligh, D. A. What’s the Use of Lecturing? Devon, England: Teaching Services Centre, University of Exeter, 1971.
Davis, B.G. Motivating Students. http://honolulu.hawaii.edu/intranet/committees/FacDevCom/guidebk/teachtip/motiv.htm
M. Sobry Sutikno. PERAN GURU DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. http://www.bruderfic.or.id/h-129/peran-guru-dalam-membangkitkan-motivasi-belajar-siswa.html.
Motivasi pada Siswa. http://psychemate.blogspot.com/2007/12/motivasi-pada-siswa.html
Sass, E. J. “Motivation in the College Classroom: What Students Tell Us.” Teaching of Psychology, 1989, 16(2), 86-88.

3 komentar: